Moving Foward Moving Toward Better

Selamat tahun baru Hijriah 1435 bagi seluruh umat muslim di penjuru dunia :D mungkin tulisan ini terlambat dan tidak pas dengan momentnya hari selasa kemarin, tapi walau terlambat itu bukan lah masalah yang begitu berarti kan yang terpenting adalah semoga tulisan ini bisa bermanfaat bagi yang baca dan juga bisa memberi inspirasi :)

merayakan tahun baru islam, hmmm jujur baru tahun lalu aku bener2 ngerasain essensi dari tahun baru islam ini. waktu itu masih kelas 3 SMA dan mungkin hidayahnya juga datang saat itu pas lagi alim alimnya menjelang ujian nasional haha. yah mungkin sebelum sebelumnya juga merayakan tapi hanya sekedar meramaikan dan ya begitulah gak ngerasain sesuatu yang greget waktu dulu dulu itu. baru pas kelas 3 itu kayaknya bener bener dapat banget apa makna sebenarnya dari tahun baru islam itu. yang aku pikirkan saat itu adalah tahun hijriah merupakan tahun yang dihitung berdasarkan Hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Mekkah ke Madinah. dan dalam tahun Hijriah dihitung berdasarkan perputaran bulan bukan matahari. jadi hari dalam tahun Hijriah itu diawali pada saat terbenamnya matahari berarti pada saat sore atau pas maghrib. itu sekilas tentang tahun hijriah, tapi yang jadi pertanyaan sekarang apa sih sebenarnya essensi atau nilai yang ada dalam tahun Hijriah itu? ini dia jawabannya menurutku, jawaban yang berasal dari pengalaman dan juga belajar.

Hijrah yang maknanya adalah berpindah, berpindah dari satu tempat ke tempat lain agar mendapat kebaikan di tempat yang baru. dalam sejarahnya pun Nabi Muhammad SAW melakukan Hijrah dengan para sahabat dan pengikutnya dari Mekkah ke Madinah karena pada saat itu Mekkah sedang dalam kondisi yang tidak kondusif untuk kaum muslim, jadi Nabi memutuskan untuk melakukan Hijrah ke Madinah.

dari point ini banyak nilai sebenarnya yang bisa kita jadikan pelajaran, beberapa diantaranya:
1. Berpindah disini tidak selalu di artikan pindah dari satu tempat ke tempat lain, tapi juga berpindah dari satu hal yang buruk ke hal yang baik. 
2. kesempatan untuk merubah diri selalu diberikan kepada setiap individu, dengan syarat individu itu mau mengubah nasipnya sendiri.
3. Meninggalkan sesuatu yang buruk itu harus dilakukan, tidak membiarkan hal itu berlarut larut kita lakukan terus menerus. Karena kita tahu bahwa Allah SWT selalu membuka pintu tobatnya kepada umat umatnya.

yang semakin membuat aku benar benar dapat dari nilai Hijrah ini adalah karena saat ini aku juga sedang benar benar malakukan Hijrah, menuntut ilmu di kota pelajar ini (Yogyakarta) sudah aku niatin dari awal bahwa aku benar benar ingin semuanya lebih baik disini, di lingkungan yang baru ini aku bisa meninggalkan kebiasaan2 buruk dan bisa lebih baik lagi dalam akhlak, Ibadah, dan juga perbuatan. perjalanan ini memang tidak mudah, tidak semudah membalikkan telapak tangan atau hanya sekedar ucapan semata. tapi ini benar benar perjuangan buat aku pribadi untuk bisa benar benar Hijrah, mengikuti apa yang Nabi Muhammad SAW lakukan.

Resolusiku untuk tahun Hijriah 1435 ini semoga bisa dilakukan secara istiqomah dan sebaik baiknya
1. Memperbaiki kualitas Ibadah yang masih kurang, seperti shalat 5 waktu jamaah di masjid.
2. Ibadah sunnah seperti shalat duha dan puasa senin kamis rutin.
3. Tadarus Al-Quran yang harus lebih rutin, sehari sekali.
4. lebih disiplin waktu, tidak menunda nunda pekerjaan.
5. belajar yang rutin, tidak hanya saat ada tugas atau ujian tapi setiap hari.
6. memperbanyak relasi dengan teman teman di kampus, tidak hanya yang seangkatan tapi juga kakak kelas.
7. mengelola pengeluaran lebih efisien lagi, kurangi nafsu ngehedon.
8. mensinergikan antara kegiatan akademik dan non-akademik secara seimbang, sama sama lakuin yang terbaik buat keduanya.
9. nguatin kemampuan bahasa inggris sama matematika.
10. tetap bisa bahagiain orang tua walau dari jauh :)

Bismillah...
Semoga Allah kuatkan pundak dan lapangkan dada ini untuk bisa mewujudkan resolusi itu di tahun ini. 
Jalan yang sudah Allah beri saat ini aku yakin pasti ini jalan yang terbaik dan aku pasti bisa ngelewati semua ini dengan baik juga.
Harus ku kuatkan keyakinan bahwa Allah lebih besar dari semua masalah yang aku hadapi nanti. 
Jangan sampai hati, pikiran, dan badan ini jauh dari Allah. 
Pertolongannya tidak secara langsung tapi juga bisa lewat perpanjangan tangan dari orang lain, hadirkan mereka ya Allah di saat yang tepat dan lindungilah selalu mereka. 
Bersyukur dan terus bersyukur atas apa yang kau berikan ya Allah yang bisa aku lakukan, jangan jadikan aku orang yang zalim atas nikmatmu ya Allah. 
Dan lindungilah semua yang menjadi bagian dari hidupku tanpa terkecuali dan berikan selalu kebaikan pada mereka :)

selamat tahun baru Hijriah buat saudara saudariku umat muslim :D

Komentar

  1. moga tercapai semua resolusinya dan sukses terus pan di ugm

    -rifhi

    BalasHapus
  2. wah makasih banyak fi, ternyata kamu baca toh haha sukses juga buat kamu di UI yoo

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Join Kegiatan di Kampus?

Picture of September

Launching