Join Kegiatan di Kampus?



Hallo, post kali ini aku dedikasikan buat maba (mahasiswa baru) ) yang sedang bingung *mungkin dengan banyaknya event/kegiatan yang ada sedang melakukan open recruitment (OPREC). intinya dari post ini adalah sharing. sebelum itu aku mau ngasih pengantar dulu kali ya (seperti kuliah hahaha) jadi gini, awalnya masuk kampus aku juga dihadapkan pada banyaknya OPREC serupa. di semester 1 lalu aku mencoba mendaftar ke dua acara yaitu FSDE 2013 dan GME 2013 dengan pilihan divisi yang sama, MEDIA (sebutan di GME) dan VDU yang merupakan kepanjangan visual design unit ya intinya keduanya adalah anak PUBDOK/DESDOK. 

Nah yang pertama mendasari aku daftar kedua kegiatan itu gini, pertama FSDE (Forum Studi dan Diskusi Ekonomi). merupakan event terbesar dari jurusan Ilmu Ekonomi FEB UGM. kebetulan aku udah 2x ikut acara FSDE ketika SMA ini. salah satunya ikut kedalam sub acaranya yaitu Kompetisi Ekonomi Nasional dan Seminar Internationalnya.  Alhamdulillah sudah masuk ilmu ekonomi sekarang jadinya aku pingin pengalaman baru tidak hanya jadi peserta tapi jadi panitianya. kan juga merupakan point tambah kalau aku ikut karena aku sudah tau secara garis besar acara FSDE itu seperti apa.

Kedua, GME. kepanjangan dari Gadjah Mada Econolympics yang merupakan event terbesar dari BEM FEB UGM. kalau kali ini belum pernah jadi pesertanya, tapi pernah menjadi panitia serupa juga ketika SMA. sebenarnya juga cita cita pingin banget ngerasain jadi penyelenggara acara olaraga yang skala besar, bisa ngasih experience buat para pemain yang bertanding di dalamnya untuk benar benar ngerasain atmosfer kompetisi. memang dulu di SMA seneng banget main basket dan ikut kompetisi juga, ya salah satunya DBL, yang aku ikuti waktu itu DBL East Kalimantan Series 2012. dari situ ngeliat bahwa penyelenggara si DBL ini berhasil ngasih experience yang luar bisa buat para pemain yang ikut. yang paling berkesan pastinya dari setiap video video mereka memang luar biasa bikin merinding apalagi kalau video itu bercerita tentang perjuangan tim kita, dan kita sendiri yang nonton. luar biasa merindingnya.

well, memang basic aku di Sinematografi dan Fotografi jadinya aku coba terus ngembangin kemampuan aku di bidang itu dengan ikut ikut penyelenggaraan acara yang ada di kampus. dah hasilnya gak sia sia kok, capek, kelelahan, dan waktu yang rasanya makin sempit itu terbayar.  terbayar dengan apa? ketika hasil video ataupun desain kita di tampilkan dan orang yang menonton atau menikmati itu merasa puas. 

Kepuasaannya tidak bisa dihitung dengan nominal uang atau apalah, tapi dengan mereka merasa puas dengan yang telah kita buat itu membuat perjuangan itu terbayar semuanya.
seiring berjalannya waktu terkadang ada kegiatan yang memang kita harus kudu wajib ikut didalamnya, kayak charity, dan kalau di IE ada PEMIRA dan NECOVENT. waktu itu masih sama masih jadi desdok, terus ini aku kasih tau apa aja yang pernah aku terlibat dan jadi apa aja:

1. FSDE 2013 : Staff Visual desain unit
2. GME 2013 : Staff Media
3. PEMIRA IE (Angkringan) : Koordinator Desdok
4. Charity Project : Koordinator Desdok
5. Simultan Bontang 2014 : Koordinator Dana Usaha (gak desdok lagi haha)
6. Launching Bersama 2014 : Penanggung Jawab (ini merangkap semua divisi hehe)
7. ECONOFEST 2014 : Sub.Koor Acara
8. Temu Fisik FMEI (Forum Mahasiswa Ekonomi Indonesia) 2014 : Staff Acara
9. Leadership Training BEM FEB UGM Batch 2 : Staff Perkaplog
10. IE's Night 2014 : Staff Desdok (lagi)
11. PPSMB SIMFONI 2014 : Staff Pubdesdok
12. Student Week 2014 : Staff Desdok
13. EBolympiad 2014 : Wakil Ketua Pelaksana
14. Leadership Training BEM FEB UGM Batch 1 : Staff acara
15. ZEE (Zona Ekonomi Eksklusif/penyambutan maba) : bikin desain poster dan ngebantuin apa yang bisa di bantu

terus yang sedang dalam masa persiapan (masih mau mulai acaranya):
1. FSDE 2014 : Staff VDU (masih sama)
2. GME 2014 : Sub-koor Desdok (namanya ganti bukan media lagi)
3. EBK (Ekonomi Bebas Korupsi) : Koordinator Desdok
4. Softskill Training (dari alumni FE UGM 88 sebanyak 4x) : ngebantuin bikin poster dan dokumentasi hehe :))

TOTAL : 19 Acara

entah itu masih kurang atau berlebih hehe. tp yang sebenarnya aku pingin kasih tau bukan aku banyak ikut event atau apa. yang terpenting adalah bagaimana kita mendapat essensi/manfaat dari acara tersebut. jujur kalau aku dengan sering ikut acara itu jam terbang buat motret jadi tambah banyak jadi makin punya pengalaman lebih. pengalaman desain bikin ini itu juga jadi lebih banyak referensi.

selain itu juga teman jadi tambah banyak, bisa kenal kakak kelas yang mungkin 1 atau 2 bahkan 3 tingkat diatasnya dan pastinya beda jurusan juga. pasti deh ini karena menurutku, semakin banyak event yang kamu ikut maka berbanding lurus dengan teman yang kamu kenal. intinya banyak event banyak teman hehe.
terus dari event yang mengangkat isu isu kayak FSDE tahun lalu yang ngangkat tema "Inequality" yaitu ketimpangan yang saat ini terjadi di Dunia. gara gara itu, mulai paham dan melek sebagai mahasiswa ekonomi kalau ketimpangan memang saat ini terjadi. dan banyak banget manfaat dari setiap acaranya, kalau yang dipikirin bukan cuma capeknya aja.
nah sekarang aku mau kasih saran nih buat yang sedang bingung dan juga yang saat ini sudah diterima dalam sebuah kepanitiaan acara:

1. kalau masih bingung mau daftar sebuah acara coba deh TANYA KAKAK KELAS bagaimana sih acara tersebut? gambaran umumnya, acaranya ngapain aja, tahun lalu gimana, dimana diadainnya, berapa lama, acaranya buat siapa, kendala tahun lalu apa, dan tanyain manfaatnya menurut dia (yang kamu tanyain) acara itu apa.

dengan kita tahu bagaimana event itu kan pasti juga kita jadi mempertimbangkan untuk ikut atap tidak. dan pas sesi interview kita gak blank banget sama acara itu, ditanya tanya jadi enak jawabannya.

2. pilih divisi yang memang kita sudah berpengalaman. kan terkadang ada yang pingin nyoba nyoba nih buat cari pengalaman. tapi itu gak salah kok boleh aja, hanya saja menurutku apabila kamu memang ahli di bidang tertentu coba itu dikembangin terus. nah nih kriteria kriteria yang kamu harus punya bila mau daftar sebuah divisi (menurut pandanganku berdasar pengalaman)

a. Acara : orangnya harus detail, banyak relasi, komunikatif (bisa nyampaikan sesuatu dengan baik), antusias, sabar, gak moody, tahan banting, selalu ceria, bisa membangun suasana yang asik. biasanya ada acara yang membutuhkan bidang fokus tertentu (tulis menulis jadi kudu paham terkait itu, bikin soal jadi kudu jago pelajaran, dsb)

b. Desdok : punya kamera/laptop yang memadai (sebenarnya gak harus tapi termaksud faktor utama yang mendukung kerja), punya basic corel dan aplikasi adobe (photoshop, illustrator, premiere), pernah buat video sendiri, tahan di depan laptop berjam jam, kreatif, wawasan luas, sabar, tahan banting juga, mau belajar dan berbagi, terbuka terhadap saran, dan kudu update hehe.

c. Perlengkapan : kuat, inisiatif yang tinggi, tegas, cepat, cekatan, sabar, humoris, terbiasa dengan birokrasi pinjam meminjam (ruangan/alat) dan suka berteman dengan teman yang baru.

d. Logistik : paham cetak mencetak, kemampuan memilih percetakan yang bagus dan murah, sabar, mobilitas tinggi, inisiatif, gesit, gak asing dengan perlengkapan ATK, dan jago gunting, nempel, melipat, dsb. kudu akrab am desdoknya biar kalau ada yang salah memperbaikinya enak.

e. Akomodasi dan Transportasi (Akotrans) : bisa nyetir mobil, punya sim A, hapal jalan, mobilitas tinggi, wawasan luas (tau penginapan murah - mahal), tidak asing dengan pesan pesan tiket, inisiafif, gampang bergaul dengan orang lain (kan biasanya jemput peserta/pembicara jadi kalau orangnya gampang akrab kan entar peserta/pembicaranya jadi nyaman).

f. pemandu/LO : wajib kudu ramah, murah senyum, sabar, wawasannya luas, suka bawel (maksudnya gak pendiem, pinginnya cerita mulu), mampu membangun suasana, inisiatif, humoris, cekatan, selalu ada, dan tahu seluk beluk acara biar bisa ngejelasin acaranya ke peserta/pembicara.

g. Konsumsi : taste tinggi, inisiatif, tau catering yang murah - mahal, paham soal makanan, minuman, dan hal2 terkait peralatan makan, siap jadi orang yang paling ditunggu tunggu hehe berarti kudu gesit ya.

h. Marketing/humas/ticketing/publikasi : ralasinya harus luas, komunikatif secara tulisan dan verbal soalnya bakal sering berkomunikasi dengan pihak ketiga, ramah, murah senyum, sabar, pantang menyerah, twitternya followernya harus ribuan haha, punya banyak media sosial.

i. Kesehatan : yang ini pasti kudu paham P3K, gesit, cekatan, ramah, murah senyum, sabar, punya nomor telfon rumah sakit terdekat, tau obat obatan dan dosisnya, (kriteria tambahan menurutku : tidak merokok) karena menurutku itu cerminan sebelum peduli terhadap kesehatan orang lain dia harus peduli dulu terhadap kesehatannya sendiri.

j. Danus/Sponsorship : pastinya kudu punya relasi yang luas dan kenalan di perusahaan perusahaan besar, punya banyak ide kreatif yang menghasilkan uang, komunikatif, pembawaannya bagus kerena bakan ketemu pihak ketiga, komunikatif secara tulisan dan verbal, selalu mudah dihubungi, tau seluk beluk acara jadi mampu menjelaskan ke pihak ketiga yang mau ngasih dana, sabar, tahan banting, selalu ceria.

3. jangan ikut ikutan temen, sama loh kayak pilih jurusan. takutnya nanti temen kamu memang suka dengan event tersebut tapi kitanya malah tidak kan berabeh.

4. lihat konten acaranya, sekarang sebagai MAHASISWA kita bukan oriented lagi pada besarnya suatu event tapi TUJUAN dari penyelenggaraan event tersebut. apa visi misi acaranya yang penting. karena kita mahasiswa BUKAN EVENT ORGANIZER!!!. kita menyelenggarakan acara pasti ada tujuannya dan bagaimana tujuan itu dapat dipahami oleh seluruh panitia yang ada didalamnya. terkadang ada panitia yang tidak paham dengan tujuan acara tertentu jadinya kadang kadang sering tidak konsisten dan komitmennya hilang. maka dari itu PENTING buat kita MAHASISWA ikut serta dalam penyelenggaraan acara yang itu BERMANFAAT setidaknya buat DIRI SENDIRI dan juga ORANG ORANG di SEKITAR KITA.

5. kalau udah masuk dalam sebuah kepanitiaan di divisi tertentu, maka kudu kenal baik baik dengan teman teman yang ada didalamnya. harus akrab biar kerjanya nanti enak. 

6. atur waktu sebaik mungkin, jangan tunda makan pastinya hehe. makan dulu baru kerja itu lebih baik. istirahat juga yang cukup.

7. jangan lupa status sebagai mahasiswa, yang berarti memiliki tanggung jawab untuk belajar. atur sedimikian caranya bagaimana kegiatan non akademik dan akademik bisa berjalan beriringan dan sebaik mungkin. mulai dari atur skala prioritas itu akan sangat membantu.

8. nah ini yang paling penting, banyak kondisi dan situasi yang bakal nanti kamu hadapi dikepanitiaan itu bakal sulit ditebak. banyak sekali dinamikanya, maka dari itu kudu siap siap juga dengan kemungkinan terburuknya. jangan berekspetasi terlalu tinggi, pertimbangkan juga banyak hal seperti saran dari kakak kelas atau pun temen deket karena itu pasti berguna. dan paling penting nih, serahkan pada tuhan yang maha esa. kita cuma bisa berusaha dengan sebaik segenap kemampuan yang bisa kita lakukan , semuanya kembali pada keputusan tuhan melalui doa :)

seiring berjalannya waktu dan mulai merasakan bagaimana atmosfer yang ada di lingkungan kampus kita semua pasti bakal jadi paham dan mulai bisa menentukan sikap. gak salah kok mencoba untuk bisa memberikan kontribusi lewat kegiatan kegiatan yang ada karena secara gak langsung itu pasti bermanfaat terutama buat diri sendiri terlebih dahulu.
nah cukup sekian dulu aja, semoga dapat bermanfaat dan memberikan jawaban atas kebingungan yang ada :) 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Picture of September

Launching