Kisah di Balik Ramadhan Tahun Ini (Part 2)

akhirnya post ini muncul juga ya. di post kali ini aku sedikit menantang diri sendiri buat mengingat kejadiaan kejadian yang aku alami di bulan ramadhan kemarin. itulah alasannya mengapa jeda antara post dengan waktu kejadiaannya lumayan panjang hahhaha. alibinya cerdas banget ya (preet) atau mungkin baru sempat nulisnya sekarang ya bisa jadi juga begitu :) mari sekarang menikmati kepingan kepingan memoriku saat ramadhan tahun ini. selamat membaca :D

Bulan ramadhan tahun ini praktis sangat berbeda, salah satunya yang membuat berbeda adalah aku bukan siswa lagi (Maba meen).yap jadi otomatis selama ramadhan tidak akan ada lagi keluhan seperti "aduh puasa gini kok banyak tugas kapan ngerjainnya? kapan terawihnya?" yah dengan beberapa keluhan lainnya yang sering muncul saat aku masih SMP dan SMA (SD tidak disebut karena belum sibuk :P) so kalau gak sekolah berarti selama ramadhan ngapain aja? tidur sepanjang hari? nah jawaban dari pertanyaan itu akan aku rangkum disini. aku bakal ceritain beberapa kegiatanku selama ramadhan. pada post sebelumnya juga aku tulis bahwa pada bulan ramadhan memang masa masa produktif (buat aku). buktinya adalah.....

1. jadi Panitia Ramadhan HAMAS Fathul Khoir

apa itu HAMAS (Himpunan anak masjid) Fathul Khoir? ini sering di sebut dengan nama IRMA (Ikatan remaja masjid) tapi yang satu ini beda dengan yang lain (dari segi nama). jadi aku udah bergabung dengan organisasi rohani ini sejak kelas 1 SMP sampai dengan saat ini (udah senior). salah satu kegiatan dari organisasi ini adalah pada setiap bulan ramadhan kami menjadi panitia dari kegiatan kegiatan yang diselenggarakan oleh pihak masjid (TAKMIR). kegiatan tersebut ada:
  • Takjil, 
  • Tarawih anak anak, 
  • MC Tarawih, 
  • Mabit (Malam bina iman takwa), 
  • Zakat, 
  • dan yang paling seru adalah takbiran!
TAKJIL

kegiatannya memang banyak banget, tapi juga di dukung dengan personil yang banyak juga. sampai bulan ramadhan terakhir kemarin dari catatan yang aku lihat anggotanya udah berjumlah 90an orang. jumlah yang cukup banyak kan? :) jadi dalam 30 hari penuh selama bulan ramadhan kami semua pasti selalu datang ke masjid (menjadi hikmah tersendiri hehe). biasanya kami mulai bersiap siap itu sejak bada' ashar. jadi setelah ashar kami mulai mempersiapkan makanan takjil untuk di masjid. orang orangnya pun tidak 90an orang itu tapi kami bagi semuanya berdasarkan jadwal piket walaupun kami tidak melarang kalau ada yang mau datang tiap hari untuk ikut berkontribusi. persiapan takjil pun dibagi, untuk yang putri mereka mengurus yang bagian makanannya sedangkan yang putra mengurusi minumannya.

oh yah share aja nih jadi dalam organisasi HAMAS ini kami diajarkan oleh pembimbing kami untuk juga mengembangkan bakat wirausaha. salah satunya adalah berjualan teh! pasti bingungkan kenapa harus jualan teh? jadi yang sudah aku lihat selama ikut dalam kegiatan ini Teh tersebut digunakan sebagai pengganti "TEH KOTAK" jadi kami menawarkan jasa kepada pihak TAKMIR masjid dengan menyediakan teh untuk takjil dengan harga per gelasnya (yang tahun ini kalau tidak salah) dengan harga Rp.2700. secara hitungan itu akan lebih efisien dari segi biaya dan sampah yang harus dibuang. namun konsekuensinya adalah kami harus membuat teh, tapi itu bukan masalah haha ini dia hal unik. tidak semua anak di HAMAS fathul khoir bisa membuat teh dalam jumlah yang cukup besar. biasanya hanya beberapa anak tertentu yang bisa tapi sebenarnya kami sudah saling berbagi ilmu kepada yang lain juga. nah dari berjualan teh ini selama 30 hari untung yang bisa kami dapatkan itu hehehe sekitar 3jutaan banyak juga kan? :) dari hasil keuntungan berjualan teh itu organisasi kami selalu mendapatkan masukan kas :D

dan setelah selesai shalat maghrib. hal yang juga tidak terlupakan yaitu cuci piring. jadi piring piring dan gelas yang telah digunakan itu kami juga yang mencuci. biasanya yang mencuci adalah anak anak yang putri. tapi terkadang juga putrinya minta bantuan sama yang putra untuk membantu jadi sekalian buat yang modus modus hahaha. tugasnya yang putra itu ngepel lantai masjid dan itu selalu memakan waktu singkat jadi untuk mengisi kekosongan waktu. yang putra bantuin yang putri :)

Menu Takjilnya di masjid dan teh yang seharga 2700 tadi :D
Suasana Takjil di masjid :)

TARAWIH

jeda antara maghrib dan isya cukup singkat ya. biasanya bagi anak anak yang piket di takjil mereka diperbolehkan datang terlambat saat tarawih. namun untuk yang tidak piket wajib datang sebelum adzan isya (walaupun nyatanya banyak yang terlambat, termaksud si penulis hehe). nah di tarawih ini kami bertugas untuk mengatur jalannya shalat tarawih khusus anak anak. jadi untuk anak yang masih TK sampai SD kelas 6 shalatnya dipisah dengan orang tuanya. tempat untuk anak anak itu di gedung TPA Masjid Fathul Khoir. disini semua dari kami mentalnya di uji, kami harus mengatur anak anak yang notabene itu susah di atur. tapi disinilah kami belajar. biasanya untuk yang sudah berpengalaman seperti penulis hahaha kami menggunakan pendekatan pendekatan yang atraktif buat anak anak. jadi yang namanya anak anak itu jangan di marahi karena itu akan membuat mereka tertekan dan malah jadinya memberontak. kalau aku sih biasanya bawa becandaan aja adik adiknya itu. bahas apa yang mereka suka, tanya maunya dia apa, terus kasih pengertian juga yah pokoknya banyak deh caranya. terus juga yang menjadi imam shalatnya juga dari kami. jadi biasanya di gilir buat yang putra untuk mengimami adek adeknya :)

abis shalat biasanya ada acaranya dulu buat adek adeknya
Biasanya adek adeknya juga ada yang berani maju ke depan kalau di kasih pertanyaan :D
masih imut imut ya :3
gak kalah ngegemesinnya :3
yang ini juga gak mau kalah :D
terawih di hari hari terakhir kakaknya pada minta maaf sama adek adeknya :)
Gedung TPA (Tempat tarawih anak anak)
nah biasanya shalatnya untuk anak anak ini biasanya waktunya tidak selama buat yang orang tua, jadi biasanya untuk yang anak anak selesai lebih awal. sambil menunggu orang tua mereka yang pada shalat di masjid kami biasanya ngadain main game seru atau di isi acara acara asyik biar adik adiknya terhibur :D ku sempat beberapa kali ngasih game buat adik adiknya dan responsnya sangat baik juga dari adik adiknya. mereka semangat banget kalau kakak kakak HAMASnya mau ngasih game atau ngadain nonton film. di saat tarawih ini juga biasanya kita jadi bisa saling dekat sama adik adiknya. karena lingkungan kami satu komplek jadi dengan ikut kegiatan seperti ini aku bisa kenal dengan adik adik yang satu komplek :)

MC TARAWIH

kalau yang ini itu yang paling greget hahaha. untuk yang satu ini khusus untuk yang putra. jadi setiap malam sebelum tarawih, kan ada jeda tuh dari selesai shalat isya mau ke shalat tarawih kalau di masjid. nah itu ada MCnya. MCnya itu adalah anak anak HAMAS. jadi kita naik mimbar masjid untuk membacakan laporan laporan dari panitia seputar kegiatan dan infaq. nah untuk aku sendiri berarti aku udah naik mimbar 6x. hehehe ngelatih banget ini untuk bicara di depan umum. apalagi mesjidnya lumayan gede dan kalau yang dibagian depan itu yang ngeliatin itu pasti bapak bapak hahaha latihan bicara deh kalau yang satu ini. dan aku sangat bersyukur pernah mengalaminya O:)

MABIT (Malam Bina Iman dan Takwa)

untuk yang satu ini. adalah acara internal dari HAMAS sendiri. jadi kalau tahun ini itu mabitnya ada dua kali. yang pertama pas pemilihan ketua dan yang ke dua pas deket deket mau hari raya. jadi sekalian itikaf di 10 hari terakhir. untuk mabit ini sendiri dikemasnya sangat berbeda dari mabit pada biasanya. jadi kami sering menambahnya dengan tadabur alam. semacam jalan jalan malam tapi di alam. kalau untuk acara yang ini biasanya yang ngadain senior. jadi untuk anak HAMAS yang SMP dan SMA pada jadi peserta. seniornya itu yang udah jadi mahasiswa, dan juga yang udah pada kerja. dan akhirnya tahun ini aku jadi panitianya hehe :D tapi satu hal yang harus aku tahu adalah jadi panitia mabit itu hehe susah susah gampang juga. harus mempersiapkan keperluan, acaranya, terus juga cek rutenya. tapi walaupun susah tetep seru.

pengalaman tak terlupakan pas waktu mabit ini pas waktu aku harus dampingin rombongan ke tempat kumpulnya. jadi ngumpulnya di sebuah lapangan dan jaraknya juga jauh dari masjid fathul khoir. dan yang gak bikin lupa tahun ini itu gak naik bis seperti tahun tahun sebelumnya. tapi kami naik truck! bisa dibayangkan bagaimana serunya malam malam naik truck hahahha =)) karena cuma aku satu satunya yang dampingi rombongan pada saat itu. jadi aku sampai duluan di pintu masuk rutenya lah kalau disitilahkan sedangkan panitia yang lain pada naik kendaraan masing masing jadi belum pada sampai. ketika pesertanya udah pada di lapangan ada pengantar dulu dari pembina kami. jadi saat diberikan pengantar aku harus ngecheck rutenya dulu buat mastiin gak ada apa apa. wah ini sumpah jleb banget. padahal udah pake senter di kepala dan di tangan tapi pas udah masuk ke dalam hutannya merinding juga :S pokoknya gak lupa deh, pengalaman pertama jadi panitia mabit. dan semoga tahun depan bisa pulang ke bontang dan jadi panitia lagi , amin O:)

 ini beberapa gambar dari acara peringatan nuzulul quran yang di adain HAMAS Fathul Khoir. acara lomba buat anak Playgroup sampai SD kelas 6. Ceritanya singkat aja pake gambar karena cuma sehari acaranya hahaha :P

Lomba mewarnai

Saat Regristrasi Lomba 

Ada lomba fashion shownya juga loh :D
 dan beberapa gambar dari Masjid Fathul Khoir, Komplek Perumahan Bukit Sekatub Damai :)


ini dia gambar masjidnya
tampak dari luar

tampak dari dalam :D


Ini ruang media masjid. karena masjid ini disiarkan secara live 24 jam jadi ini adalah control roomnya :)

monitor dari control room, bisa ngeliat semua sisi masjid secara langsung karena ada CCTV

dari control room gambar di tampilkan ke seluruh tv di perumahan dan juga LCD yang di masjid :)

Sekilas itu gambar gambar dari Masjid Fathul Khoir. mungkin terkesan mewah ya tapi sebenarnya itu adalah hasil perjuangan dalam beberapa tahun yang lalu. dulu masjidnya sederhana juga tapi karena pihak takmir ingin memanfaatkan sumber daya manusia yang ada dan juga manfaatin teknologi jadinya bisa terealisasi deh jadi kayak sekarang. karena akan lebih baik jika masjid yang di bangun itu dari yang kecil dulu baru ke besar tidak langsung membangun yang besar dulu. tapi ya saat ini kondisinya sudah berbeda mungkin juga karena kebutuhannya dan jamaah yang banyak saat ini jadi langsung bangun yang besar hehe. ada cerita unik di masjid ini yaitu masjid di dunia ini yang disiarkan langsung (live) selama 24 jam itu hanya ada dua, yaitu masjidil haram di makkah dan fathul khoir di BSD hahahaha :D (fakta saat ini).

eh ceritanya belum selesai loh masih banyak ini :( ... tunggu kisah selanjutnya yaa :D


BERSAMBUNG..

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Join Kegiatan di Kampus?

Picture of September

Launching