Kisah di Balik Ramadhan tahun ini (Part 3)

Buat post yang ini ada kelanjutan dari post sebelumnya yang juga menceritakan kisah kisah ramadhan yang aku alami di tahun ini. karena terlalu panjang ceritanya jadi aku bagi part part. hebat banget ini bisa sampai 3 part gak nyangka juga kalau banyak ternyata yang diceritakan hehe semoga gak males bacanya ya :D langsung aja dibaca dan selamat menikmati bagian terakhir ini, Enjoy! ;)

ZAKAT

cerita kegiatan yang satu ini itu hmmm benar benar sesuatu banget! apalagi yang udah pernah ikut langsung dalam prosesnya :) jadi Zakat yang aku maksud disini bukan bagi bagi zakat yang kayak di tipi tipi itu. terus banyak yang ngatri dan pada modar itu. kita tidak seperti itu di Fathul Khoir. di sini kami kembali berwirausaha lagi dengan berjualan beras! hmm gak nyangka kan pasti? Jualan Beras meen!

Ide ini muncul dari pembina kami Bapak Arief Ernawan. semua anggota Hamas sudah mengganggap beliau sebagai ayah kedua buat kami. kerena beliau memang benar benar bisa menghimpun satu per satu dari kami, dan kharismatik beliau itu sesuatu banget. Ide dari pembina kami itu muncul karena sistem dalam beberapa tahun sebelumnya (sekitar tahun 2009) itu zakat hanya dibayarkan dengan uang. nah karena dalam sunnahnya itu lebih dianjurkan dengan berzakat menggunakan bahan makanan pokok. Beliau membuat suatu gebrakan baru!

mengkonversikan Uang menjadi Zakat berupa makanan pokok yaitu beras. jadi para muzakki diarahkan untuk membeli beras yang sudah di sediakan dari HAMAS fathul khoir dengan harga yang juga sudah disesuaikan dan itu untuk di zakatkan bukan untuk di konsumsi. aku banyak belajar banget dari beliau, beliau bisa memikirkan hal yang orang lain tidak memikirkan dan juga kegigihan beliau untuk menerapkan itu yang saya sangat salut. dan mulai tahun 2009 itu sampai sekarang yang awalnya hanya masjid Fathul Khoir lalu mulai ditiru oleh masjid masjid disekitarnya. wah hebat banget bisa jadi bagian dari sebuah pionir terobosan baru :)

nah lalu yang kami lakukan adalah membungkus beras dari bungkusan atau karung 25 kg dipindahkan ke bungkusan yang udah di design khusus untuk zakat yang satu bungkusnya itu 5kg. bukan hal yang mudah walau hanya memindahkan dari 25 kg ke bungkusan 5kg. mau tahu berapa jumlah kesuluruhan beras yang kami bungkus pada tahun ini? (kalau saya tidak salah) ada sekitar 18 ton! bayangkan dari berapa bungkus 25kg itu harus di pindahkan ke 5kg. hahaha tugas ini memang bisa dibilang paling berat. karena kami memulai mengbungkus beras ini biasanya sehabis acara tarawih selesai jadi jam stengah 10 malam kami mulai bungkusin sampai jam stengah 1an pagi. kalau yang malam itu yang ngerjain putra nah kalau paginya yang putri biasanya dari jam 9 sampai dzuhur stengah 1. kalau untuk keuntungan dari jualan beras ini juga sangat besar. jumlah pastinya gak usah disebut ya tapi itu cukup membiayai kegiatan kami selama setahun penuh :D

buat aku ini kegiatan yang  juga sangat berkesan. memang tugas berat tapi kita ngerjainnya itu gak sendiri. bareng dengan teman teman yang lain hal itu lah yang membuat pekerjaan itu menjadi lebih ringan. seingatku kita butuh sekitar 2 minggu untuk bungkusin 18 ton itu sebelum di distribusikan ke para yang membutuhkan :) aku salut banget buat yang tahun ini karena total beras yang dibungkus cukup banyak tapi anak anaknya tetap semangat dan juga solid, semoga keluarga besar kita ini hubungannya semakin erat dan terjaga ya kawan kawan HAMAS, amin O:)
beliau lah sang pionir dari sistem beras ini, Bapak Arief Ernawan
sebenarnya masih banyak lagi dari ini :)
proses pertama, pembungkusan beras
ada di antara surga dan neraka, job paling berat tanggung jawabnya. NIMBANG!
tinggal finishing aja nih di press
dan inilah produk kami :)
TAKBIRAN

kalau dalam sebuah cerita itu ada bagian klimaksnya kan. mungkin ini moment yang buat jadi klimaks dari kisah kisah selama 30 hari di bulan ramadhan. suka cita banget buat takbiran tahun ini. lumayan bisa menikmati gregetnya hahaha karena tahun lalu masih terjun langsung sebagai ketua panitia jadinya banyak yang dipikirin. tahun ini hanya mensuport bantu bantu biasa aja jadi tidak terlalu sibuk :)

sekilas sih yang aku rasain di penghujung ramadhan tahun ini. wah itu bener bener dalam banget. pas waktu selesai shalat maghrib kan seluruh jamaah pada ngumandangin takbir. aku yang pas waktu itu juga shalat di masjid ngerasain banget suasananya. suara takbirnya itu sampai banget ke hati bikin merinding hehe (lebay). dan gara gara hal itu aku juga sempet netesin air mata. aku jadi keinget pas waktu awal awal ramadhan, perjalanan di saat ramadhannya, semuanya itu serasa punya pengaruh yang besar buat aku saat itu. :')

di takbiran kali ini juga spesial banget karena HAMAS diberi kesempatan buat mengisi acara dalam takbiran tersebut. jadi konsep acara takbirannya kami mengundang seluruh warga kompleks untuk datang ke masjid lebih tepatnya di lapangan masjid untuk sama sama bertakbir malam itu. nah sambil takbiran itu ada pengisi acaranya. HAMAS Fathul Khoir nampilin nasyid dan juga tari saman. wah itu keren banget. disisi lain walaupun anak masjid kami juga bisa mengembangkan bakat kami salah satunya di bidang seni ini. kebetulan alumni Hamas juga jago banget tari Saman jadi dia gak sungkan buat ngelatih juniornya untuk tampil di acara takbiran tersebut. salut banget buat mereka semua, jujur sampai saat ini aku ngerasa bangga bisa jadi bagian dari keluarga ini :")

woro woro keliling kompleks, gila ini pecah banget haha =))
Rapat Hamas untuk acara takbiran
persiapan takbiran di masjid
Sesaat sebelum takbiran dimulai
Penampilan dari sura suara emas anak masjid haha :)
yang ini gak kalah keren juga lo, tari saman ;)

dan inilah keluarga besar HAMAS FATHUL KHOIR :')

Putri Hamas Fathul Khoir bersama adik adik

Putra Hamas Fathul Khoir bersama adik adik

Skuad Putra

Skuad Putri
Tari Saman Hamas Fathul Khoir

Nasyid Hamas Fathul Khoir
2. Jadi Panitia Bukber Angkatan SMA

kebetulan acara ini adalah juga sebagai salah satu alat silaturahmi buat angkatan SMA YPK 13 yang baru lulus. salah satu promotornya yang juga sahabatku sendiri yaitu Ikhsan berinisiatif buat ngadain acara ini. rencananya juga di acara ini itu sekalian di agendakan pembagian buku tahunan angkatan yang sebelumnya sempet tertunda pembagiannya. kalau untuk yang ini sih mungkin tidak sesibuk yang jadi panitia ramadhan di masjid tapi disini mungkin bisa lebih santai karena juga acaranya tidak formal alias buat senang senang sekalian silaturahmi :D

di bagian ini mungkin moment yang berkesan buat aku sih pas waktu ngambil paket buku tahunannya yang dikirim lewat Skypen (istilah untuk pesawat perusahaan). jadi waktunya ini mepet banget dengan acara di hari Hnya itu karena di hari yang sama. paketan buku tahunan itu sampai di Bontang sekitar jam 4 sore dan itu bersamaan buat para panitianya untuk nyiapin tempat bukbernya. kebetulan aku bereng 3 temenku lagi 1 cowok 2 cewek ngambil paketan buku tahunan itu di bandara. pas sampai di bandara untungnya tidak terlambat jadi kami langsung menuju terminal kedatangan. di sini kami berempat sempat shock karena paketan buku tahunan itu yang ada sekitar 5 sampai 6 dus itu ternyata berat banget. sekitar 20 kg satu kardusnya. wah karena cowoknya cuma 2 yah jadi ujung ujungnya yang ngangkat juga cowoknya. aku berdua temenku waktu itu namanya Danang ya gak tega dong biarin yang cewek ngangkat haha jadinya kami disitu kan sebagai Lelaki Gentle harus menunjukkan kejantanan kami.! :D

setelah semua diangkut dan dibawa ke salah satu rumah panitia untuk di bungkus kami pun melaksanakan acara Buka Bersama Angkatan 13 SMA YPK. seru banget acaranya karena ada gamesnya juga dan tempetnya itu juga asik banget buat nongkrong jadi gak garing acaranya :) yaa semoga tahun 2014 nanti bakal ada lagi bukber angkatan dalam rangka reuni ya teman teman SMA YPK 13, semoga :D
tempat asik banget ya buat bukber :3
teman teman angkatan :')
yang paling ditunggu setelah adzan maghrib :D
teman teman angkatan :')
narsis di bandara dengan paketan bukta haha =))
 panitia bukber angkatan :D
gak terasa yah kegiatan itu udah berlalu beberapa bulan yang lalu dan untung aku masih ingat dan bisa menceritakannya hehe :D karena saat ngepost blog ini sedang berada di Yogyakarta wah rasanya jadi kangen pingin pulang ke kampung halaman :') semoga nanti di kasih kesempatan untuk bertemu ramadhan di tahun depan dan bisa pulang ke bontang dan bertemu semuanya tanpa terkecuali mulai dari temen temen sekolah, teman main, organisasi dan semuanya deh. dengan selesainya kalimat penutup ini maka selesai juga dari cerita ini.

semoga sharing cerita ini bermanfaat ya buat semuanya, terima kasih sudah mau membaca. akhir kata wassalam dan semangat siang! :)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Join Kegiatan di Kampus?

Picture of September

Launching