Lebih dari Pengalaman yang Luar Biasa dan Mengesankan

ALHAMDULILLAH! ini kata yang pas buat jadi pembuka di postku kali ini. Syukur yang tak ada habisnya kepada allah SWT atas rahmatnya yang memang gak pernah habis untuk hambanya yang penuh dengan kekurangan ini :') cerita di post kali ini bakal aku kupas tuntas tentang salah satu kepanitian acara yang aku ikuti yaitu FSDE 2013 (Forum Studi dan Diskusi Ekonomi). Acara ini merupakan agenda tahunan dari jurusan Ilmu Ekonomi FEB UGM. Cerita Ini bermulai dari..
..
..
Open Recruitment
wah masih maba nih semangat semangatnya buat bisa ikut kepanitian di kampus, kebetulan sebelum2nya juga udah di sosialisasiin sama kakak angkatan kalau jurusan Ilmu Ekonomi FEB UGM punya acara tahunan yang skalanya udah nasional yaitu FSDE. Aku juga sebelum masuk juga udah tau tentang acara ini karena udah 2 tahun (2011 dan 2012) jadi peserta di salah satu eventnya FSDE yaitu KEN (Kompetisi Ekonomi Nasional). yah walaupun gak pernah bawa pulang pialanya bahkan selalu ikut bagian tour de jogjanya kerena tidak lolos ke babak ke 2 tapi gapapa lah, kerena aku ngerasa ilmu yang aku punya masih harus ditambah lagi saat itu dan juga harusnya saat ini juga :)
akhirnya aku memutuskan untuk bergabung ikut ke kepanitiaan, tahap awalnya adalah harus ikut wawancara dulu. untuk divisi yang aku pilih pertama VDU (Visual Design Unit) dan kedua LO (Liaison Officer atau sering disebut pemandu). modal awalku jelas pengalaman udah ikut 2 tahun acara ini jadi gak terlalu buta tentang acaranya gimana. akhirnya proses wawancara selesai dan beberapa hari kemudian pengumuman..
..
..
Jeeeeng jeeeeng! ternyata aku lolos, alhamdulillah :) dan dapat di pilihan pertama yaitu VDU. sempet kaget juga ternyata dari oprec itu yang VDU diterima cuma 2 orang, satunya lagi Dea seangkatan juga. sebenarnya aku juga yang ngajakin dia buat daftar, karena dia cerita kalau dia tertarik sama dunia2 editing video dan ternyata dia mau ikut akhirnya hehe. Finally, time to Contribution!

Beberapa Minggu Sebelum Acara
yap aku akhirnya bergabung dengan keluarga kecil baru dan keluarga besar yang baru VDU sama FSDE. di VDU koordinatornyanya Kak Deddi angkatan 2011, terus ada kak Citra, kak Nike, kak Feriz, kak Heri, kak Fahmi, sama kak Okta. jadi total di VDU ada 8 orang ketambahan aku sama Dea. mulailah pembagian jobdesk. ternyata sebagai anggota keluarga baru aku sama Dea sudah dapat Jobdesk PJ Film untuk pengenalan IE. Film ini untuk seru seruan aja jadi sebagai hiburan untuk saat nanti di putar di hari acara untuk anak anak SMA peserta KEN. awalnya sempat bingung bikin skenario yang direvisi mulu gara gara tidak sesuai dengan kemauan koor, dan setelah berulang2 di ganti nah akhirnya ketemu juga. Dea dapat ide buat ngangkat tema "Ingin Terkenal". tema yang ditentukan itu akhirnya mulai di pikir2 gimana skenarionya dan disesuaikan dengan permintaan koor yang pingin mirip sama "Malam Minggu Miko" dan akhirnya beberapa hari kemudian jadi, terus gak ada revisi dan siaplah kita mulai ke pengambilan gambar proses produksi dimulai..
..
..
banyak banget tantangan dalam proses produksi khususnya soal kamera yang di gunakan terus juga waktu yang sulit disesuaikan. apalagi aku, di awal aku sempat gak bisa hadir dan cuma titipin alat karena ada Leadership Training BEM. tapi selanjutnya aku bisa langsung terjun :) waah proses produksi sumpah kocak banget apalagi aktornya kak Gawe dan Kak Rusyad yang memang benar benar unik gak ada duanya deh kalau bikin orang ketawa =)) proses produksi film berjalan penuh canda dan tawa hahaha pokoknya beban yang terasa berat jadi ringan kalau liat aktor2 kayak mereka berdua wkwkwk! selebihnya gak ada problem yang terlalu fatal. hmm cuma film ini juga ujung ujungnya selesai di dekat deadlinenya karena sebelumnya ada UTS dan lain jadinya mundur waktunya. sampai sampai saat hari kamis yang harusnya udah TM (Tecmit) KEN paginya masih ada take gambar jam 6 pagi karena masih ada beberapa bagian yang kurang. sesuatu yang terburu buru pasti selalu gak enak kan? bener banget, itu terbukti di proses render yang baru selesai pagi jam 2an hari Jumat dan itu udah masuk hari kedua acara dan malamnya film itu harus di tampilkan. syukur alhamdulillah film itu berhasil di render dan siap di tayangkan :)
terus selain pengerjaan film itu ada juga rapat besar dengan pengenalan tema seputar Inequality, dan aku juga baru sadar tentang hal itu setelah ikut di kepanitiaan ini. hmm jadi gap antara orang miskin dan kaya di indonesia ini mulai tidak bisa dianggap remeh lagi karena koefisien gini kita saat ini sudah ada di point 0.41 dan itu merupakan tertinggi dari sejarah indonesia, maka dari itu tema ini di angkat di FSDE 2013 "Combanting Inequality Toward Economic Sustainability".

Hari Acara FSDE 2013, Status : On Air!
Hari pertama acara FSDE di awali dengan penyambutan delegasi peserta KEN dari seluruh indonesia, yang sudah di seleksi sebelumnya. ada 30 tim terbaik dari seluruh indonesia yang datang ke Yogyakarta untuk bertanding di KEN (Kompetisi Ekonomi Nasional) untuk dapat Boediono Cup. mulai dari aceh sampai gorontalo jauh jauh datang ke jogja wah benar benar luar biasa, tapi hal yang aku sesali adalah sekolahku tidak lolos :'( hmm gpp deh semoga tahun depan bisa ya :D
mulai kerja di hari acara, Jobdesk tersisa adalah membuat Film Dokumenter pelaksanaan KEN yang dari TM sampai Final dan diputar saat penutupan. bisa di banyangkan kalau itu pengerjaannya sangat di kejar waktu. untung di bantu dengan tim yang solid dan juga perlengkapan yang memadai alhamdulillah film bisa jadi dan tepat waktu penyelesaiannya :') walaupun banyak kekurangan tapi jujur aku puas karena aku membandingkan dengan tahun sebelumnya yang menurutku masih kurang mendokumentasikan KEN secara lebih dalam. dan itu jadi motivasiku saat pengerjaan film itu gimana caranya film ini harus lebih wah dari tahun lalu. and finaly aku benar benar puas, dan semoga tahun depan kalau aku jadi VDU lagi. aku bakal berusaha penuh lagi buat bisa bikin video yang lebih beik lagi :D karena menurutku film dokumenter itu punya nilai point yang lebih kerena skenario ceritanya itu nyata tidak dibuat buat dan itu terjadi alami. ada tantangan memang di dalam pembuatannya, tapi yang mengesankan adalah saat jadinya.. feel perjuangan dari peserta itu benar benar aku berusaha dapatin dan dokumentasikan agar mereka sadar kalau perjuangan mereka itu jangan sampai mereka lupakan, karena kalian sudah sampai di jogja dan kalianlah sudah pemenang karena mengalahkan tim tim lain yang tidak lolos ke jogja.. itu kata kata LO/Pemanduku pas tahun 2012 kak Fika waktu nyemangatin timku yang tidak lolos ke babak ke dua.. aku gak pernah lupa sama kata kata itu. dan itu ternyata jadi nilai tersendiri buat aku saat FSDE di tahun ketiga ini di tahun 2013 :'D
...
...
Film Komedi jurusan IE sama Dokumenter KEN pun di putar saat spekta night, wah seneng banget respons penontonnya bagus karena indikator tepuk tangan di akhir dan ketawanya ada :'D terima kasih penonton sudah menghargai karya kami (VDU) ini :)

Hari Terakhir : INTERNATIONAL SEMINAR
pernah kalian bayangkan sebagai orang baru di lingkungan yang baru sudah di taruh di tanggung jawab yang besar? hmm pasti penuh dengan perasaan2 yang gugup bukan. dan itu yang aku rasain waktu di tunjuk jadi OPERATOR UTAMA di SEMINAR INTERNATIONAL! yah mungkin posisi ini dianggap sebelah mata dan pekerjaan yang mudah tapi aku benar benar tau kalau tugas ini sangat vital dan genting di satu acara untuk seminar.
aku dapat penunjukan ini saat gladi bersih hari selasa, dan di tunjuk langsung dari staff seminar kak Nadia. awalnya aku menerima ini dengan biasa biasa aja. karena pada saat itu aku masih banyak hal yang harus dikerjakan jadi aku harus fokus satu persatu dulu dengan yang bisa dikerjakan. dan ternyata saat semuanya sudah selesai dan terisisa yang satu ini baru dah kerasa paniknya luar biasa. aku baru mikir setelah malam hari setelah spekta night hal hal yang harus aku lakuin saat jadi operator utama di seminar. dan akhirnya aku minta di brifieng sama kak Nadia malam itu juga sampai jam satu malam dan bahkan sampai aku nginap di kampus. oh iya selama FSDE, kosku cuma jadi tempat mandi kerena aku pulang ke kos cuma mandi terus balik lagi ke kampus. saat brifing sama kak Nadia, aku banyak jelasin hal hal yang harus aku lakuin ternyata di situ kak Nadia juga mulai terbuka pikirannya kalau banyak hal yang masih harus disiapkan juga. akhirnya setelah kak Nadia jelasin gimana jalan acara dan yang harus aku lakukan dan solusi2 kalau ada masalah atau insiden tidak terduga. selesai itu ngeliat jam yang udah fix di kunciin pagar kosan akhirnya tidur di sekre Himaju (Himpunan mahasiswa jurusan). wah tidur di kampus 2 hari benar2 dingin banget karena musim hujannya jogja ya untungnya kuat dan tidak sakit. aku juga sempat panik karena partnerku si Dea bilang kalau dia Demam waktu hari pertama FSDE. dan ternyata dia benar2 kuat buat ngelawan sakitnya hehe hebat dea! :D
jam 04.10 (sampai ingat banget jam bangun) tidur hanya beberapa jam dan akhirnya aku beres2 perlengkapan dan balik pagi itu juga ke kosan untuk mandi dan ganti baju formal untuk seminar. selesai beres beres di kosan dan udah pake pakaian rapi (berjas men :P). berangkat ke tempat seminar, waaah ternyata di hari ini aku terlambat satu menit aku datang jam 05.31 oh meeen kalau di kalkulasiakan sama hari sebelumnya yang terlambat dua menit jadi total terlambatku 3 menit. wah ternyata antisipasiku masih kurang buat bisa dispiplin waktu di kepanitian FSDE ini tahun depan aku harus cari cara yang efektif biar gak telat.
perisapan awal, brifing dulu terus sarapan, terus itu jam setengah 7 masuk gedung seminar yang baru di buka. di situ aku mulai panik. kenapa?! kerena proyektornya belum ada, aku pikir pas udah masuk aku bisa langsung nyobain proyektornya dan ternyata itu gak ada. hmmm mulai sedikit agak kacau pikiran di tambah panik nungguin proyektor datang dan akhirnya jam 7 lewat 10an menit baru datang dan bisa di coba. dan kepanikan di tambah lagi kalau ternyata proyektornya tidak bisa di FREEZE! wah kalau yang ini udah gak tau gimana aku shock dan segala yang lainnya. TAPI tunggu dulu, disinilah Allah ngasih bantuan ternyata ada solusinya kalau proyektor bisa di Blank walupun konsekuensinya aku harus minta tolong orang untuk mencet remotnya kerena dari posisi aku duduk di depan laptop gak bisa di tangkap am remot akhirnya ada Tyo yang bersedia jadi pemencet remot yang bakal ngeblankin layar kalau aku mau pergantian tampilan. dan Alhamdulillah untuk masalah itu berjalan lancar :')
..
..
nah ini yang jadi pelajaran berharga buat aku, aku ngelakuin kesalahan BESAR saat di bagian akhir. saat ada bintang tamu yang perform pantomin. aku ternyata salah mutarin lagu waaaah ini sumpah benar benar kesalahan terbesar karena aku panik saat itu. memang di sini aku gak mengkonfirmasi dulu apakah lagunya sudah benar yang akan diputar tapi aku luput dan kesalahanpun terjadi, aku jadi benar benar merasahbersalah sama kak Nadia, gara gara aku panik. hal yang lucu saat itu adalah ternyata si bintang tamu pak Jemek bisa improve dengan kesalahan lagu yang diputar. sebenarnya lagunya yang harus di putar dan yang diputar itu jauh berbeda. ini pelajaran banget buat aku, dan pengalaman berharga juga kalau hal2 yang besar itu tidak bisa dikerjakan kalau tidak dalam keadaan tenang, beberapa kalai juga kak Nadia sama kak Deddy ada dibelakangku buat ngingatin aku supaya tenang dan tenang. Huaaaa pokoknya luar biasa banget kesempatan berharga buat jadi OPERATOR UTAMA SEMINAR INTERNATIONAL FSDE 2013!! :D

aku banyak banget terima kasih terutama buat orang tuaku (ayah sama mama) walau mereka jauh tetap ngingatin anaknya yang jauh disini tentang apa2 yang harus dilakukan, terus juga Dea wah makasih banget Dea udah jadi editor buat dua film itu, jujur aku terkesan sama taste film kamu, keren deh pokoknya! terus kak Deddi koor yang kayak nano2 (manis, asem, asin) semuanya ada haha thx banget kak atas kepercayaannya milih aku bergabung di VDU, terus juga kak Citra, kak Nike, kak Feriz, kak Heri, kak Fahmi, kak Okta makasih banget sudah menerima aku dengan baik di VDU aku ngerasa nyaman banget dengan tim ini hehe, kak Nadia aku makasih dan sekaligus minta maaf soal insiden kemarin hehe makasih banget ya kak udah percaya sama aku buat jadi operator utama semoga kalau tahun depan lagi bisa lebih baik lagi aminnn, semua keluarga panitia FSDE dari Penanggung jawab kak Ikhwan, Steering Committe 4 orang yang tampak sangat intelektual banget kalau bicara Inequality hehe, Organizing Committe kak Sanji dan jajarannya, Project Manager khususnya kak Bram makasih banget kak atas kepercayaannya dan dukungannya juga, dan semua divisi yang ada di FSDE. walaupun kemeraku gak sempat motret kalian semua tapi mata aku ngerekam semuanya dan itu tak akan hilang selamanya hehehe, mas Rendi juga makasih loh mas udah minjemin kamerenya walaupun jadi nambah sehari hehe tapi gapapa kan hehe. dan semua peserta KEN dari penjuru indonesia aku bangga sama kalian melihat kalian yang luar biasa meraih cita cita kalian di event ini itu juga jadi dorongan buat kita2 mahasiswa kalau kalian aja bisa kenapa kita gak bisa juga. semoga nanti kita ketemu di IE ya tahun depan sudah sama2 mahasiswa :D

Alhamdulillah satu acara sudah selesai, semoga FSDE 2014 bisa diberi kesempatan lagi buat jadi bagian di dalamnya dan berkarya lebih baik lagi, Amin ya Allah O:)
Suasana Rabes terakhir FSDE 2013, H - 5 acara.
Persiapan selasar malam hari untuk acara KEN. wah ini sampai malam dan harus nginap di kampus.
Beberapa saat sebelum acara FSDE hari kedua di mulai, hasil kerja keras para panitia ngedekor selasar.. keren kan :D

Hari Kedua FSDE, penyambutan peserta KEN di selasar sekaligus pembukaan FSDE 2013 :D
Pertarungan dimulai, di Auditorium MSI BRI FEB UGM para peserta KEN mengerjakan soal di tahap seleksi pertama
Kompetisi Ekonomi Nasional FSDE 2013, bangga bisa bertemu dengan mereka di event ini. semuanya luar biasa bisa sampai di Yogyakarta :D
Moderator dalam Seminar International FSDE 2013, news anchor Metro Tv Dalton Tanonaka. tahun kedua bisa ketemu pak Dalton di event yang sama :D
Suasana International Seminar FSDE 2013, tema dalam seminar adalah : " The Role of Public and Private Sector in Combating Inequality "
saat international seminar kemarin hadir bu menteri perencanaan pembangunan nasional (BAPPENAS) Prof. Armida Salsilah Alisjahbana beliau menjadi Keynote Speaker  dalam seminar tersebut. 
Special Perform Pantonim Jemek, maaf banget pak jemek aku mutarin lagu yang salah. untung bapaknya bisa improvisasi jadinya gak keliatan kalau itu ada kesalahan fatal. bener bener minta maaf pak :( 

Baru pertama kali nyobain jepret pake termos, berat banget ini kamera Kak Fahmi :O


Saat Tecmit di Hotel Ceilendra, lagi ngobrol sama Kak Feriz dan PJ FSDE Kak Ikhwan.

Visual Design Unit yang cewek :D ( dari kiri : Kak Nike, Kak Citra, dan Dea )
Full Team Visual Design and Documentation Unit FSDE 2013, dari kiri atas : Kak Heri, Nike, Kak Deddy, Kak Nike, Kak Fahmi. lanjut kiri bawah : Kak Feriz, Kak Okta, dan Aku . kurang satu orang disini ya si Dea di ilang pas mau di foto.

Komentar

  1. Keren mas tapi sayangnya pas semifinalnya ken ,mas ga jepret2 di ruangku hhaaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kamu peserta ya? maaf gak bisa semuanya direkam dan ditampilkan, tunggu aja nanti di akhirat ya, insya allah lengkap haha

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Join Kegiatan di Kampus?

Picture of September

Launching