Im Back (at last)

Hey datang juga akhirnya kesempatan untuk duduk manis menulis buat blog ini, satu satunya kesempatan yang sangat berharga kerena begitu banyaknya rutinitas sehingga waktu yang seperti ini sungguh sulit didapatkan.
kemana aja saya selama lebih dari 5 bulan sejak posting yang terakhir? hmm akan saya ceritakan sedikit apa yang telah saya lakukan dan tentunya juga dengan foto foto yang telah saya ambil sendiri untuk visual dari cerita saya. well please enjoy on your seat, happy reading and looking :)

awal semester kedua saya menjadi penanggung jawab dalam sebuah program kerja di departemen saya Hubungan Internal dan Pengembangan Mahasiswa BEM FEB UGM, Launching bersama. sebuah acara yang menjadi wadah untuk 15 organisasi yaitu BEM, HMJ, LK, dan Komunitas di FEB UGM untuk memperkenalkan kepengurusannya di periode yang baru. konsep yang saya buat adalah ketua ketua dari masing masing organisasi akan diundang memberikan penjelasannya kepada seluruh warga FEB UGM di selasar kampus FEB dengan cara berstand-up comedy. agar mendapat atensi dari warga FEB dengan antusias saya mencoba cara tersebut digunakan dan ternyata cukup menarik perhatian dari mahasiswa mahasiswa yang ada saat itu. jarang sekali melihat ketua organisasi keluar dari zona formal untuk mewakili organisasinya, dan itu terlihat ketika Launching bersama FEB UGM 2014 :D

Ketua BEM FEB UGM 2014 kak akbar, mengenalkan apa itu BEM dengan cara berstand-up

Ketua IKAMMA (HMJnya jurusan management) kak ivan pun tak mau kalah untuk berstand-up.

siapa yang nyangka ketua dari LK PMK (Persekutuan mahasiswa Katholik) FEB, kak brio memecah tawa para mahasiswa di sekitar selasar FEB kocak abis soalnya.

Foto Bersama seluruh ketua lama dan baru oraganisasi di FEB (BEM, HMJ, LK, dan Komunitas) namanya bisa dicari tahu sendiri masing masing :))

Kemudian di bulan maret dan april saya lebih banyak menghabiskan waktu di Koalisi Pemuda Hijau (KOPHI Yogyakarta). kegiatan Leadership training sebagai pengurus baru tidak saya lewatkan. berangkat jam 7 malam, hari jumat (7 Maret 2014) dari yogyakarta menuju desa Srigading di Bantul. saya pun sampai disana sekitar jam setengah 9, karena bingung dengan jalan yang gelap banget jadi cukup sulit menemukan desanya. Leadership Training ini berlangsung selama 3 hari 2 malam namun karena ada agenda lain juga jadinya hanya ikut 1 hari 1 malam sampai hari minggu pagi. namun meski tidak mengikuti keseluruhan banyak sekali nilai nilai yang saya dapatkan terkait bagaimana menjadi seorang agen yang concern/fokus terhadap masalah kelingkungan.

Di bulan Aprilnya saya menjadi volunteer di acara KOPHI Yogyakarta yang dimotori oleh ketua KOPHI sebelumnya yaitu Kak Rida Nurafiati, Coastal Learning Project (CLAP). diadakan lagi di Bantul namun kali ini di sebuah pantai di daerah Srandakan, Bantul. berlangsung selama dua hari yang dihari pertama kita memberikan semacam edukasi terlebih dahulu kepada adik adik kelas 5 SD di sebuah sekolah (SD Kranjan, Kuwaru, Bantul) yang letaknya di dekat pantai Kuwaru bagaimana pentingnya menanam pohon untuk menjaga kelestarian lingkungan. dan kemudian di hari keduanya kita praktek langsung dengan mangadakan penanaman cemara udang di Pantai Kuwaru bersama adik adik itu. melihat kondisi pantai yang tinggkat abrasinya sudah semkin parah mendorong kami (KOPHI Yogyakarta) untuk mengadakan CLAP ini di tepat tersebut.

Mengajak anak anak SD dengan cara yang santai dan menarik buat peduli dengan lingkungan, menjadi salah satu strategi dari KOPHI Yogya buat kampanye peduli lingkungan.

tanggapan dari adek adeknya pun sangat baik, mereka antusias terhadap isu isu yang kita sampaikan dan juga solusi berupa apa yang harus dilakukan untuk menjaga lingkungan :)

di hari kedua, agendanya reboisasi bareng sama adek adek yang disekolah. seru banget, antusias mereka membuat kami yang menyelenggarakan juga ikut semakin semangat :)

salah satu adeknya ada yang mirip adul juga haha :D

yang satu ini merupakan teknologi sederhana buat jadi penyiram tanaman otomatis, cuma dari botol aqua bekas dan tali rafia.

seluruh panitia dan adek adeknya

setelah seharian nanamin pohon dipantai, foto bareng!

kebetulan CLAP ini diselenggarainnya pas si penulis (ehem) bertambah satu tahun umurnya, jadi dapat sedikit surprise dari teman teman KOPHI yang lain hehe. makasih banyak ya teman teman semua, momentum ulang tahun kali ini semoga semakin ngingatin penulis untuk terus peduli terhadap lingkungan disekitar :)

kena ceplok langsung dari ketua KOPHI Yogya, kak Lalu Hendri.

Bulai Mei pun sebuah hal yang dulunya hanya menjadi mimpi bagi saya sekarang telah menjadi nyata. saya dan 12 teman saya di jurusan Ilmu Ekonomi angkatan 2013 mengadakan pendakian ke Gunung Prau, Dieng, Jawa Tengah. berangkat dari Yogyakarta pukul 10 Pagi dan sampai di Wonosobo sekitar jam 4 sore dikarenakan jalan megelang sendang dalam perbaikan perjalanan sedikit jadi molor namun semuanya berjalan lancar sampai ke Wonosobo. setelah rehat sejenak di rumah teman di Wonosobo, bada' shalat maghrib kami segera berangkat menuju Dieng dan sampai sekitar jam 9 malam. packing ulang di pos pertama, mendapat arahan dari petugas, berdoa sebelum itu dan kami siap mendaki!

perjalanan diperkirakan sekitar 2 jam normalnya namun mendaki gunung ibarat seperti hidup banyak sekali hal rintangan dan juga tantangan yang harus dilewati bukan dihindari. saya pun merasakan bahwa medan pertama saya mendaki cukuplah berat karena begitu terjal dan menanjak, namun dorongan untuk mengukir sesuatu hal yang baru dalam diri saya menjadikan keraguan saya itu hilang dan membuat saya terus mendaki. sesekali melihat kelangit dengan begitu banyaknya bintang yang terlihat malam itu dengan jelasnya membuat saya tertegun takjub, subhanallah. benar jika dikatakan bahwa mendaki gunung adalah pertarungan mental, bukan medannya yang harus kamu kalahkan tapi ketakutan yang ada didalam dirimu itu :)

jam stengah 2 pagi terpijaklah kaki saya di puncak gunung Prau, Dieng. keadaan puncak begitu ramai kerena waktu itu malam minggu dan banyak orang yang menghabiskan malam minggunya dengan naik gunung jadinya keadaan puncak saat itu seperti sebuah pasar yang tanpa adanya penerangan, hanya sedikit cahaya dari api unggun pendaki lain dan juga headlight yang menyala di kepala. kami pun segera mendirikan tenda dan segera beristirahat. saya merasakan betul bagaimana dinginnya malam itu menusuk sekujur badan sampai akhirnya pukul stengah 4 pagi kami semua bangun untuk menyaksikan sunrise di puncak Prau. Jarum jarum hawa dingin semakin menusuk badan yang membuat kami akhirnya saling memeluk satu sama lain, dingin yang begitu hebat namun terasa nikmat kerena pemandangan yang muncul setelah itu.... Subahanallah, maha suci allah dengan segala ciptaannya di Bumi ini. terima kasih atas kesempatan untuk melihatnya :')

Gunung Prau jam stengah 7 pagi. keren abis pemandangannya dari puncak :D

hehe ada ada aja ya hehe, maksudnya itu we love Indonesia!

Debut pertama naik gunung, berdiri di atas awan, subhanallah

udah siang dan akhirnya kami harus turun.
ini dia, super team dari Economics Expedition 2 :D dari kiri (penulis, azwar, rizqi, rahmanda alias bobon, dinar, sredha, yagie, hani, safira, fahmi, irul, dan ihsan)
 dan ini Short Documentary Pendakiannya, happy watching!

Menjelang ujian akhir semester, bulan juni saya mengikuti Studi Banding BEM FEB UGM ke Jakarta dan Bandung. pikir pikir untuk refreshing sebelum UAS hehe. perjalanan yang sangat terasa kental sekali kekeluargaannya. lebih 35 anggota BEM yang mengikuti Studban ini, berangkat dari Yogyakarta jam 3 sore perjalanan yang diperkirakan sekitar semalam ini (12 jam) untuk sampai Ibukota Jakarta. 12 Jam di dalam Bis memang bukan sesuatu yang mudah, bertarung dengan terbatasnya tempat untuk bisa meraih kenyamanan posisi buat tidur ._. tepat pukul 4 pagi bis pun berhenti, sampailah kami di Masjid At-Tin Jakarta yang berada di Komplek TMII (Taman Mini Indonesia Indah). istirahat untuk mandi dan juga shalat selama 2 jam sampai dengan jam 6 pagi. setelah dari Masjid At-Tin Agenda pertama di Jakarta adalah menjadi penonton untuk sebuah acara debat yang diadakan oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan) bertempat di Hotel Arya Duta. kebetulan dalam debat ini hanya ada dua tim satu tim dari Universitas Indonesia dan satu tim lainnya dari Universitas Gadjah Mada, dari FEB UGM lebih tepatnya (y).

acara debatnya begitu "wah" kerena diproduksi untuk ditayangkan di salah satu tv nasional swasta. waktunya pun molor banget dari yang ada di jadwal, kabarnya akan mulai jam 9 tapi kami baru masuk ruangan debatnya jam stengah 11. kami pun tidak bisa mendukung secara penuh sampai acara selesai kerena agenda kami begitu padat. jam 12 tepat kami meninggalkan Hotel Arya Duta dan menuju Gedung Bursa Efek Jakarta (IDX). perjalanan diperkirakan berlangsung lama karena yang namanya Ibukota, macet merupakan sesuatu yang tidak dapat dipisahkan darinya. namun ternyata kami sampai lebih awal dari perkiraan. kami pun harus menunggu sekitar 1 jam karena jadwalnya adalah jam 2, kami pun sejenak istirahat dan shalat dzuhur dulu di mushola yang tersedia di gedung IDX. jam 2 tepat kami disambut oleh salah satu pegawai bursa yang merupakan kepala divisi yang membawahi sosialisasi dan edukasi pasar saham IDX (lupa namanya). acarapun dimulai, pemberian pengetahuan akan pasar saham yang sebelumnya belum saya dapatkan di meja belajar manapun kini saya dapatkan. yang saya tangkap adalah potensi investasi di Indonesia melalui pasar saham sangatlah tinggi, namun orang orang kebanyakan takut karena akan rugi padahal sebenarnya itu adalah resiko dari bila mereka melakukan trading, tapi jika mereka investasi itu sesuatu hal yang berbeda malah justru sangat akan menguntungkan. banyak sekali pelajaran yang saya dapat di IDX ini, selain itu juga tentang sejarah Bursa Efek di Indonesia karena disalah satu ruangan di IDX ada sebuah museum yang menceritakan IDX itu sendiri. jam 4 sore agenda kami di IDX berakhir, kami pun bergegas berangkat ke Bandung setelah itu.

sedikit cerita, di tengah perjalanan menuju bandung. karena sebelumnya saya tidak sempat buang air kecil dari sejak di Hotel Arya Duta dan IDX. saya pun tak kuat lagi menahan. perjalanan dari IDX menuju pintu tol pun terhalang macet yang luar biasa. saya pun mulai panik bisa bisa hal2 yang tidak diinginkan terjadi -_- kemudian saya pun tertidur dan ketika terbangun bis sudah berada di dalam Tol menuju bandung. akhirnya permintaan untuk berhenti di rest area terdekat dikabulkan rombongan dan saya berhasil menghindari hal hal yang tidak diingkan tersebut :))

sampai di bandung, singkat aja. sampai hotel terus bobo terus ya bangun. dan saya kembali berulah. dari seluruh rombongan saya harus dimarahi karena mandi paling terakhir padahal yang lainnya udah mau pada berangkat ._. tapi saya gak ditinggal kok hehe tetap tepat waktu karena berhasil mandi gesit :)) agenda di Bandung yang pertama adalah kunjungan ke Universitas Padjajaran Bandung. sama seperti kunjungan yang ada pada umumnya saling sharing terhadap kondisi masing masing keadaan organisasi. namun disini saya merasa bahwa kami (BEM FEB UGM) tidaklah lebih baik juga dari BEM FEB UNPAD, kami banyak mendapat pelajaran dan wawasan baru dari pemaparan langsung ketua BEM FEB UNPAD kang Ridho panggilannya. BEM FEB UNPAD telah berhasil keluar dari "event organizer oriented" dalam organisasinya. bagaimana BEM telah menjadi wadah untuk seluruh mahasiswa di Fakultas dan dapat bersinergi dengan HMJnya. wadah untuk seluruh potensi yang ada di mahasiswanya seperti kewirausahaan, keolaragaan, dan lainnya. kemudian HMJ yang berfokus pada bidang keilmuannya tidak pada program kerja yang bersifat general. ya saya memandang BEM FEB UNPAD telah berhasil memulai meciptakan sinergi di lingkungan kampusnya, semoga dengan kunjungan kami BEM FEB UGM ke UNPAD bisa menjadi momentum untuk memulai hal tersebut :)

setelah dari UNPAD kami menyempatkan juga untuk mengadakan bakti sosial ke salah satu panti asuhan di Bandung, salah satu dari rangkaian acara di Studi Banding ini. kemudian agenda kami ke Institut Teknologi Bandung ke Sekolah Bisnis Management tepatnya. sama yang dilakukan sharing sharing juga bedanya yang di ITB lebih kepada masing masing departemen atau biro terkait antar BEM FEB UGM dan KM SBM ITB. lalu setelah dari ITB kami menuju Cihampelas untuk sedikit memanjakan mata dan santai. dan setelah lebih dari seharian di kota Bandung, kami pun berlekas kembali ke Yogyakarta. Studi Banding pertama saya dengan keluarga besar BEM ini sangatlah berkesan, banyak pelajaran yang saya dapatkan yang itu membuka wawasan dan pikiran saya :)

Debat Mahasiswa yang diselenggarain OJK.

akhirnya menginjakkan kaki di bursa efek indonesia untuk kali pertama :')
pemaparan dari kak akbar tentang BEM FEB UGM di FEB Unpad Bandung.

Bareng keluarga HPM yang ikut studi banding (dari kanan : kak ryco, kak dhira, vania, ratu, dan penulis)

UAS pun berlalu, telah direncanakan jauh jauh hari akan ada Makrab buat departemen saya HPM di BEM FEB UGM. makrab ini punya 2 agenda yaitu pertama kita mau evaluasi tengah tahun untuk departemen kita dan yang kedua mau buat video yang ditujukan untuk kakak kakak almuni HPM yang akan berangkat KKN :D ceritanya singkat aja kerena yang ini cukup pakai foto dan videonya :)

Is was really Quality time with the member of HPM :') *masih jadi fotografer

Hasil video persembahan untuk kakak kakak alumni HPM yang akan berangkat KKN.

nah itu dia segudang aktivitas yang bisa saya share yang menurut saya sangat berarti buat saya. dan tulisan ini saya dedikasikan juga buat semua keluarga yang telah menerima saya menjadi bagian dari mereka, KOPHI Yogyakarta, BEM FEB UGM, HIMIESPA FEB UGM. terima kasih atas kesempatan berharga yang telah diberikan kepada saya ini, thank you so much for all this moment :')

kemudian beberapa karya yang saya buat :)

LIPDUB Project Jurusan Ilmu Ekonomi dalam rangka Ulang Tahun Jurusan Ilmu Ekonomi ke-33 Tahun.

Video Profile ISIS Project tim UGM untuk Danone Young Social Entrepreneurship 2014

sekian post yang saya buat kali ini, have a nice day guys :)